Selasa, 13 September 2011

Teknik Presentasi pert1


TEKNIK PRESENTASI



Berbeda dari mata kuliah sebelumnya, kali ini saya mendapatkan mata kuliah yang sangat pentng dan berharga. Tidak hanya untuk seorang sekretaris saja, mata kuliah ini dapat dipelajari dan dipahami oleh semua kalangan masyarakat, apapun pekerjaan mereka. Langsung saja, saya akan membahas pengertian dari teknik presentasi.

Definisi :
Cara seseorang menyajikan penjelasan terhadap data, uraian proses, maupun pembelajaran, baik disajikan di muka audience dengan bantuan alat peraga berupa slide show, program aplikasi yang menyajikan informasi interaktif yang dapat diakses secara personal, maupun presentasi dalam bentuk cetakan yang dibagikan kepada semua penerima informasi. Menyajikan presentasi secara elektronik dapat digunakan dengan berbagai macam sarana, misalnya dengan media Animasi 3D (3DMax, Maya, dan sebagainya),.Yang paling sederhana dari semuanya itu adalah menggunakan Slide Show yang dibuat dengan Microsoft PowerPoint. Dengan PowerPoint pun Anda dapat menganimasikan teks, menyisipkan foto, video, animasi, serta suara.

 Tujuan :

  1. Menginformasikan: presentasi berisi informasi yang akan disampaikan kepada orang lain. Presentasi semacam ini sebaiknya menyampaikan informasi secara detail dan jelas sehingga orang dapat menerima informasi dengan baik dan tidak salah presepsi terhadap informasi yang diberikan tersebut.
  2. Meyakinkan: presentasi berisi informasi, data, dan bukti-bukti yang disusun secara logis sehingga menyakinkan orang atas suatu topik tertentu. Kondradiksi dan ketidakjelasan informasi dan penyusunan yang tidak logis akan mengurangi keyakinan orang atas presentasi yang diberikan.
  3. Membujuk: presentasi secara logis agar orang mau melakukan suatu aksi atau tindakan. Presentasi dapat berisi bujukan, atau rayuan yang disertai dengan bukti-bukti sehingga orang merasa tidak ragu dan yakin untuk melakukan suatu tindakan.
  4. Menginspirasi: presentasi yang berusaha untuk membangkitkan inspirasi orang.
  5. Menghibur: presentasi yang berusaha untuk memberi kesenangan pada orang melalui informasi yang diberikan.
  6. Pendidikan: presentasi menjadi sarana pendidikan yang berguna agar audience mau mempelajari teknik presentasi secara benar, dan mampu menghadapi ketakutan di dalam bericara.
Jenis-jenis dari presentasi :
  • Oral : Presentasi yang dilakukan dengan cara berbicara langsung kepada audience
  • Visual: Presentasi yang menggunakan tampilan, contoh Ms.Power Point
  • Teksual: Presentasi yang menggunakan teks atau selebaran.
Rahasia sukses presentasi: 

Faktor utama yang menjadikan sseorang mampu presentasi dengan benar adalah dengan ketrampilan dengan baik, yaitu melalui pelatihan dan praktek, kemudian kemampuan dalam presentasi yang menjadikan sseorang mampu dipengaruhi.

Elemen utama dari presentasi :
-Komunikasi secara baik dan jelas
-Penampilan yang menarik, tidak perlu dandan secara berlebihan
-Menggunakan teknik yang baik
- Visualisasi yang menarik

Aspek-aspek yang perlu diperhatikan di dalam presentasi :
  1. Menentukan tujuan presentasi
  2. Mengenali situasi dan audince
  3. Menyusun kerangka presentasi
  4. Mempersiapkan slide bila diperlukan dan alat visual lainnya
  5. Latihan di depan kaca
  6. Rileks
---SEKIAN----


Tidak ada komentar:

Posting Komentar