Senin, 12 September 2011

Komputer 3 pert 1

Pengenalan Email dan Penjadwalan
Semester baru pun telah tiba, kali ini saya mendapatkan sebuah mata kuliah Komputer 3, dimana mata kuliah ini masih membahas seputar Mocrosoft Office. Hanya saja pada mata kuliah ini membahas tentang Ms.Outlook. Tujuan dari mata kuliah ini,mahasiswa dapat menggunakan aplikasi email dan penjadwalan.  Di dalam penjadwalan kami harus mampu menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, hingga dipengaruhi oleh tingkat kedewasaan seseorang. Ms.Outlook berfungsi sebagai pengaturan jadwal secara online yang memerlukan suatu koneksi internet, dimana koneksi tersebut dapat berupa Discontinuous dan Continuous.
 Dari komputer, kita dapat mengkoneksikan internet. Caranya adalah dengan menghubungkan suatu kabel melalui telepon dimana kabel telepon tersebut mempunyai satelit yang dapat mengkoneksikan komputer dengan telepon.
Sebelum kita chatting dengan orang lain melalui internet, banyak hal yang harus diperhatikan di dalam kode etiknya, contoh:
1. Penggunaan huruf besar berarti TERIAKAN atau MARAH, huruf besar digunakan untuk menekankan hal penting
2. Menggunakan tanda seru berlebihan pun juga berarti sedang marah.
3. Memforward tulisan referensi dan bagaimana memperoleh kopiannya.
4. Tidak melakukan forward ke mailing lst tanpa seijin penulis asalnya.
5. Memposting sesuatu yang melanggar hukum.
6. Pemakaian bahasa yang kasar
7. Mengirimkan pesan yang dapat merusak tempat penerima
8. Pengiriman surat berantai 
9. Tindakan yang dapat menyebabkan gangguan jaringan komputer

Macam-macam jenis dari Web mail:
- Yahoo
-gmail
-hotmail,dll
Namun, pada umumnya masyarakat banyak yang menggunakan yahoo dan gmail.

Macam-macam jenis dari Mail Client:
-Ms.Outlook
-Outlook Express
-Eudora,dll

Macam-macam jenis dari Ms.Outlook:
-Mail Client+Groupware

Persamaan dari Yahoomail dan Ms.Outlook adalah:
-sama-sama mempunyai range waktu,isian nama kegiatan,reminder
-hanya sebagai pengingat awal kegiatan
-dapat berbagi jadwal dengan contact yang terdaftar pada Friend List

Cara-cara untuk membuat jadwal secara online:
1. Lakukan pengisian akun email, contoh pada gmail.
2. Isi data-data sesuai dengan yang sebenarnya
3. Setelah melakukan pengisian secara tepat maka akan keluar tampilan seperti pada gambar di bawah ini

4. Bukalah Ms.Outlook untuk dapat membuat jadwal, berikut adalah tampilannya
5. Klik next pada gambar


6. Klik "Yes" dan next untuk melanjutkannya

7. Pilih "Manually configure server settings or additional server types" , lalu klik Next


8. Selanjutnya, Pilih "Internet Email" lalu klik Next seperti pada gambar dibawah ini


9. Isikan Akun email  yang telah kita buat di Gmail.com. Lalu klik "More Settings..." ,apabila kita ingin mengingat password kita, maka kita harus pilih "Remember Password"

10. Pilih "Outgoing Server" lalu beri check pada "My outgoing server (SMTP) requires  authentication"


11. Pilih ""Advanced" ,dan lakukan pengisian POP3 dengan 995 dan SMTP dengan 587. Pilih "TLS". Selanjutnya Beri tanda cek pada "Leave a copy  of messages on the server", klik OK

12. Lakukan tes untuk menemukannya dengan klik "Test Account Setting" dan masukkan email serta password seperti gambar dibawah ini.


13. Setelah pengisian data selesai dan terdapat penulisan "Completed" kita dapat menggunakannya secara langsung

14. Untuk yang terakhir kali klik "Finish" , maka tampilan akan berubah menjadi gambar dibawah ini.


Berikut adalah tampilan untuk dapat mengisi jadwal, contoh pada bulanan.


Pada gambar ini menunjukkan pengisian kontak teman kita.




Selanjutnya silahkan menikmatinya.



Semoga Bermanfaat

1 komentar: