Minggu, 11 September 2011

Humas dan Layanan Pelanggan pert 1

Public Relation

Pada mata kuliah kali ini, saya mendapatkan sebuah mata kuliah yang pada umumnya jurusan lainnya tidak mendapatkannya. Mata kuliah ini sangat menarik, karena pada umumnya saya juga suka sekali mnengikuti kegiatan-kegiatan yang ada di humas kampus saya. Disana saya mengikuti salah satu kegiatan, yaitu penyiar radio, meski saya jarang siaran karena organisasi lain yang saya ikuti, saya mendapatkan banyak sekali manfaat disana. 

Humas pada pertemuan pertama ini membahas soal "Public Relations". Mungkin kata itu sudah sering kita dengar. Kali ini saya akan menjelaskan apa pengertian dari public relation.

Public relation terbentuk oleh beberapa faktor yang mempengaruhinya, salah satu contohnya:

1. Organisasi
Organisasi adalah sekumpulan yang berkumpul untuk melakukan aktivitas atau kegiatan untuk mencapai suatu tujuan yang diinginkan. Di dalam organisasi kita sering kali bertemu dengan beberapa orang yang berbeda tentunya. Contohnya berbeda pendapat atau bahkan sikap. Ada yang keras kepala namun pandai, ada yang nurut saja namun tidak terlalu pandai, ada juga yang sama sekali tidak pernah menyatakan pendapat, keinginan, atau masukan yang ingin dia berikan. Namun itu adalah hal yang sangat wajar di dalam berorganisasi.

2. Manajemen
Manajemen adalah Aktivitas atau proses untuk mengelola sekumpulan orang agar suatu organisasi berjalan secara efektif dan efisien. Manajemen mrupakan hal yang penting di dalam organisasi, namun juga sangat penting di dalam kehidupan kita. Berikut saya akan menjelaskan pentingnya manajemen di dalam suatu organisasi.
Mengapa manajemen penting untuk organisasi?
- Karena apabila sesuatu tidak di di manajemenkan atau tidak dikelola maka suatu organisasi tersebut akan tidak terkendali dan dapat mengakibatkan pada diri kita sendiri. Salah satu contohnya kita akan menjadi stress akibat sistem yang berantakan.

Sehingga, dapat kita simpulkan bahwa Public Relation adalah suatu unit yang bertujuan untuk mengatasi atau membuat suatu rencana guna melancarkan informasi antara organisasi dan masyarakatnya.


Berikut adalah tujuan dari Public Relation adalah ”membentuk goodwill, toleransi (tolerance), saling kerjasama (mutual understanding) dan saling menghargai (mutual appreciation) serta memperoleh opini public yang favorable, image yang tepat berdasarkan prinsip-prinsip hubungan yang haronis baik hubungan kedalam (internal relations) maupun hubungan keluar (external relations)”


Fungsi dari Public Relation:
1. Kegiatan yang bertujuan memperoleh itikad baik, kepercayaan, saling adanya pengertian dan citra yang baik dari publik atau masyarakat pada umumnya.
2. Memiliki sasaran untuk menciptakan opini publik yang bisa diterima dan menguntungkan semua pihak.
3. Unsur penting dalam manajemen guna mencapai tujuan yang spesifik, sesuai harapan publik, tetapi merupakan kekhasan organisasi atau perusahaan. Sangat penting bagaimana organisasi memiliki warna, budaya, citra, suasana, yang kondusif dan menyenangkan, kinerja meningkat, dan produktivitas bisa dicapai secara optimal.
4. Usaha menciptakan hubungan yang harmonis antara organisasi atau perusahaan dengan publiknya, sekaligus menciptakan opini publik sebagai efeknya, yang sangat berguna sebagai input bagi organisasi atau perusahaan yang bersangkutan.



Oleh karena itu humas sangat penting di dalam suatu organisasi. Mengapa?
a. Membangun citra positif perusahaan, dan hasil yang lebih baik dari sebelumnya karena mendapatkan opini dan kritik dari konsumen. 
b. Menjadi jembatan penghubung antara masyarakat sebagai pelanggan dan perusahaan dengan manajemen sebagai penyedia jasa dan layanan.
c. Menarik simpati masyarakat agar perusahaan dapat dikenal publik dengan baik.
d. Menciptakan hubungan yang harmonis antara organisasi atau perusahaan dengan publiknya


Humas juga sangat penting kita pelajari,karena:
- Informasi dapat kita kuasai dengan adanya teknologi
- Memperbaiki kesalahan komunikasi
- Memperbaiki kesalahan interprestasi
- Memperbaiki kesalahan frustasi


Bagian-bagian yang dipengaruhi oleh Public Relation



Terkadang public relation dipandang sebelah mata oleh masyarakat. Namun, apabila kita benar-benar mengerti arti dari public relation,seharusnya kita bangga terhadap pekerjaan mereka karena mampu menghadapi segala macam persoalan yang terjadi, baik dari perusahaan maupun dari konsumen. 








SEKIAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar