Minggu, 11 September 2011

pengembangan diri 2


Penampilan  

Setelah kita menginjak semester baru, materi yang diberikan pengembangan diri pun berbeda, kali ini saya mendapatkan materi mengenai perkuliahan Pengembangan Diri 2. Sebenarnya, di Mata Kuliah tersebut tidak jauh beda dengan Pengembangan Diri 1. Intinya tetap membahas bagaimana caranya mengembangkan diri kita menjadi lebih baik lagi, terutama untuk seorang sekretaris. Baik dari penampilan luar, maupun dari penampilan dalam.

Adapun pengertian dari pengembangan diri adalah: 
Pengembangan diri yang dimulai dari berubahnya cara pikir kita dari yang anak-anak hingga menjadi dewasa, bagaimana kita bersikap sopan sebgaimana mestinya, dan berubahnya pola pikir kita yang lebih baik lagi sacara terencana dan terfokus.

Pada Pengembanghan Diri 1 saya lebih banyak membahas cara mengembangkan diri kita dari dalam dulu. Contoh mengenai Self Image atau Citra Diri. Citra Diri adalah:
Anggapan atau gambaran seseorang tentang dirinya sendiri yang bersifat positif.
Semangat hidup dan semangat juang tinggi
Yakin dan optimis
Tidak takut gagal
Jika gagal, segera bangkit dari kegagalan dan tidak larut dalam duka    berkepanjangan.

Kemudian Pada Pengembangan Diri 2, saya mebahas bagaimana caranya mengembangkan diri kita lebih baik lagi, contohnya dari cara berjalan yang baik, duduk yang baik, dan berdiri yang baik, serta masih banyak lagi yang lainnya.

Kali ini saya akan membahas apa itu penampilan?

Penampilan adalah Citra diri seseorang baik dari dalam maupun dari luar yang dapat dirasakan oleh orang lain. Penampilan adalah hal yang sangat penting, tidak menutup kemungkinan bahwa penampilan luar adalah sesuatu hal yang juga sama pentingnya dengan penampilan dari dalam. Beberapa orang pun juga menyetujui pendapat saya. Memang pada dasarnya inner beauty adalah hal utama untuk membentuk kepribadaian diri kita yang lebih baik lagi, namun outer beauty pun juga dapat menyeimbangkan penampilan diri kita. 




Penampilan dapat meliputi berbagai hal,yaitu dari sikap. Contoh:
1. Tubuh                  : Cara berdiri, berbicara, duduk
2. Kesan                  : Bersahabat, sopan, ramah
3. Ekspresi wajah       : Pandangan mata, sikap tubuh


Jadi, penampilan sangatlah dibutuhkan, karena tanpa penampilan, jiwa         seseorang tidak akan terlihat.








SEKIAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar