Senin, 13 Desember 2010

tugas resume komp1 pert 12














 Form hampir sama dengan table , form dapat digunakan untuk pengisian data seperti mengisi form pendaftaran, form lamaran kerja, dan sebagainya,
Berikut merupakan tampilan dari form  :
Gambar : 1



Gambar : 2


Pada Create kita dapat membuat Form dengan menggunakan tombol Form sebagai berikut:
a. Dari Navigation Pane pilih nama table atau query yang akan dibuat Form
b. Pada Tab Create group Forms pilih icon Form


Pada Command Button Wizard kita dapat menambahkan kontrol kedalam form ,caranya adalah pilih kontrol yang diinginkan lalu arahkan mouse ke area form dan letakkan diposisi yang diinginkan. Jika kontrol Use Control Wizards dalam keadaan aktif maka akan tampil Kontrol Wizard yang mempermudah Anda untuk mengatur fungsi yang diinginkan.


Form mempunyai bagian-bagian yang hampir sama dengan bagian-bagian yang terdapat pada report, yaitu : Form Header section, Untuk menampilkan text atau gambar yang akan sekali saja tampil pada awal form. Detail section, Di bagian inilah data-data dari record ditampilkan, baik ditampilkan sekaligus atau satu record tiap tampilan. Tergantung dari tipe tampilan form yang dipilih. Meskipun dapat menampilkan semua record sekaligus tapi diperlukan untuk mendesign form agar menampilkan satu record saja pada Detail section.
Form Footer section, Jika ingin menampilkan text atau gambar atau kontrol lain pada bagian akhir dari Form.
Kontrol – kontrol yang ditambahkan terdapat pada toolbox yang telah disediakan. Toolbox terdapat pada Tab contextual Form Design Tools – Design yang akan muncul pada saat Form aktif.




Berikut adalah contoh dalam pembuatan form


Property Sheet digunakan untuk mengatur control-control yang di letakkan pada form, Berikut adalah salah satu contohnya 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar