Senin, 19 September 2011

Humas dan Layanan Pelanggan pert 2

Humas dan Layanan Pelanggan 

Setelah pertemuan 1 saya membahas pengertian tentang Public Relation serta fungsi dan tanggung jawabnya, kali ini saya akan membahas beberapa hal lain mengenai Humas.

Klasifikasi Humas :

-Beberapa organisasi menempatkan Public Relations pada hirarkhi tinggi di perusahaan, memiliki garis pelaporan langsung kepada pimpinan atau kepala administrator. Beberapa menempatkan fungsi Public Relations pada posisi yang lebih rendah, memiliki hubungan pelaporan dengan bagian pemasaran, personalia, legal atau pengambil keputusan lain di tingkat yang lebih tinggi.
-Beberapa organisasi menempatkan Public Relations pada unit tersendiri sementara itu ada beberapa organisasi yang menempatkan Public Relations pada beberapa unit dalam departemen di organisasi.
-Beberapa organisasi menggunakan konsultan dari luar organisasi/perusahaan, beberapa menggunakan Public Relations dari internal perusahaan bahkan ada yang menggabungkan keduanya 

Kegiatan-Kegiatan Humas sangat banyak, dan eluas, secara umum kegitan Humas adalah :

a.Internal Public Relations.

Hubungan dengan karyawan (employee relations)
-  Hubungan dengan pemegang saham (stockholder relations)

b. Eksternal Public Relations

-Hubungan dengan komunitas (community relations)
-Hubungan dengan pelanggan (costumer relations)
-Hubungan dengan media massa dan pers (media & press relations)
-Hubungan dengan pemerintah (government relations)

Modifkasi Humas : 

Humas saat ini adalah Humas yang berfungsi sebagai Marketing Public Relation. Dan berfungsi sebagai dasar segala informasi, serta keluhan-keluhan dari pihak manapun.

Tugas yang tidak boleh dilakukan oleh seorang Public Relation adalah:

1. Menjual suatu produk, yang pada akhirnya ia melakukan suatu soft marketing.
2. Membocorkan suatu rencana yang akan dijalankan 

5 Syarat Humas:

-Ability to communicate
-Ability to organize
-Ability to get on with others
-Personal Integrity



SEKIAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar